• Special Potongan 15% dengan menggunakan Kode Promo : MEMBERBARU
3 Tanaman Herbal Berdaun untuk Obat Keluarga

3 Tanaman Herbal Berdaun untuk Obat Keluarga

Beberapa tumbuhan berdaun yang ada di rumah pun tak kalah berkhasiat sebagai obat keluarga. Ada yang untuk kecantikan, ada pula yang bermanfaat untuk masalah perempuan. Beberapa tanaman herbal berdaun tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Lidah Buaya
    Sari lidah buaya atau kerap disebut aloe vera beberapa waktu ke belakang ini sangat digemari oleh perempuan. Banyak disebutkan, ekstrak aloe yang diusapkan pada wajah mampu menjaga kelembapan dan menghambat penuaan. Tidak perlu membeli, jika tanaman herbal ini tumbuh di rumah, kamu pun bisa memanfaatkannya sesuka hati. Biasanya aloe yang telah dibersihkan digunakan sebagai pelembap serta penebal rambut. Sementara itu untuk kebutuhan medis atau obat, lidah buaya bisa membantu penyembuhan luka pada kulit dengan lebih cepat. Bila diminum, manfaatnya sangat baik untuk sistem pencernaan.
  2. Daun Seledri
    Seledri umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan berkuah atau oseng-oseng. Rasanya gurih dan menambah citarasa tersendiri pada makanan. Orang-orang di tanah Sunda biasanya melahap seledri mentah sebagai lalapan. Biarpun aromanya banyak tidak disukai, seledri ternyata merupakan tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Daun dari tanaman ini biasa disulap menjadi obat alami untuk menyembuhkan penyakit:
    - Rematik dan masalah sendi;
    - Menurunkan tekanan darah;
    - Diabetes;
    - Asma;
    - Mata kering.
  3. Kangkung
    Siapa nih yang tidak kenal tanaman sayur yang satu ini? Kangkung merupakan sayuran yang sudah sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan tanaman hijau yang sangat segar ini ternyata tidak hanya serat, namun ada juga zat besi yang tinggi. Manfaat pengobatan dari sayur yang merupakan tanaman herbal ini antara lain untuk mengatasi:
    - Cacar air
    - Migrain dan sakit kepala
    - Lemah syaraf
    - Sakit gigi dan sariawan
    - Wasit dan sembelit
    - Insomnia.
  4. Pasak Bumi
    Saat melihat iklan-iklan obat kuat, kata-kata “pasak bumi” sering kali disebut-sebut. Pasak bumi sendiri bukan merujuk pada ramuan khusus, melainkan nama lain sebuah tanaman herbal yaitu tongkat ali. Khasiat dari pasak bumi antara lain ialah:
    - Menurunkan stres
    - Meningkatkan energi
    - Menyuburkan pria yang mengalami disfungsi seksual
    - Obat kuat tahan lama
    - Viagra alami
    - Membesarkan otot
    - Mencegah penuaan dini.
  5. Gandheli, Si Tanaman Obat Langka
    Gandheli yang memiliki nama ilmiah Nothapodytes Nimmoniana disebut-sebut sebagai tanaman herbal yang sangat dicari orang. Sayangnya, gandheli hanya terdapat di wilayah Borjan, Tinsukia, India. Tumbuhan ini pun kemudian dinobatkan menjadi tanaman obat langka. Melansir kumparan.com, gandheli begitu dicari karena khasitanya untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit berat, yaitu:
    - Kanker ahim
    - Kanker usus
    - Membantu melawan virus HIV

Bagi kamu yang ingin menanam dan membudidayakan tanaman herbal tersebut di atas, cukup sediakan lahan yang cukup di rumah. Tidak ada lahan yang terlalu besar? Kamu bisa kok menanam dan berkebun di atas lahan seluas 1 meter persegi.